HELP PORTRAIT SUMBAWA 2019

ADIWARNA, CHARITY, GUSDE, MARIO JR, TRAVEL

Setiap orang memiliki cara sendiri untuk hidup berbagi & bersenang-senang, kami di Gusdephotography melakukannya dengan kegiatan Help Portrait Adventure. Salah satu hobi kami yaitu berkendara motor, maka itu kami memutuskan untuk bermotor ke lokasi kali ini. Tambora, Sumbawa menjadi pilihan lokasi Help Portrait tahun ini, selain karena keindahan alamnya, ada 1 sekolah juga yang menjadi tujuan utama kami, sebuah sekolah yang cukup jauh dari kota dan diisi oleh banyak anak-anak. Tahun ini kami merasa sangat beruntung karena seperti dibukakan jalan untuk mendapatkan sponsor-sponsor, mulai dari Duta Intika (kawasaki), Eiger, Nikon, dan teman-teman sponsor lainnya.

Perjalanan dimulai dari Bali melewati Lombok dan dilanjutkan menyebrang ke Sumbawa besar, kami berangkat jam 2 pagi dari bali dan tiba di Lombok pagi hari dan langsung menuju ke Sumbawa. Penyebrangan dari Lombok ke Sumbawa hanya sekitar 1,5 jam, setibanya di Sumbawa kami memutuskan untuk beristirahat di Sumbawa Besar dan melanjutkan perjalanan esok paginya.

Kami melanjutkan perjalanan menuju Tambora, jarak yang kami tempuh sekitar 300km dari Sumbawa Besar, melewati perbukitan, pinggir pantai, jalanan yang berkelok-kelok, sungguh pemandangan yang sangat indah. Kadang kami berhenti untuk beristirahat, beruntung ada sacio coffee yang menjadi penyambung perjalanan kami, minum kopi seperti mengembalikan mood kami di jalan. Malam hari kami tiba di Tambora, tidak ada hotel/motel, hanya ada penginapan lokal untuk orang-orang dengan tujuan mendaki Gunung Tambora, berbicara sedikit mengenai Gunung Tambora ini ternyata gunung ini pernah meletus pada tahun 1815 dan menjadi salah satu bencana paling dasyat di dunia dan sampai sekarang statusnya masih aktif.

Lokasi Help Portrait kali ini yaitu sebuah pondok pesantren yang diisi oleh anak-anak berusia 6-12 tahun. Kami disambut dengan penuh senyum oleh mereka, sebuah penyambutan yang sangat menyenangkan. Pertama kali kami memperkenalkan diri kepada pengurus disana dan menjelaskan maksud tujuan kami, mereka sangat senang mendengarnya. Dimulai dengan merapikan penampilan mereka sebelum difoto, beruntung kami ada peserta wanita dari Dcab Bali yang juga membackup untuk membawa kebutuhan logistik kami. Pemotretan berjalan lancar, banyak dari mereka yang mungkin baru pertama kali difoto oleh fotografer profesional dan mendapatkan hasil fotonya dalam bentuk cetakan dan di frame. Selain itu kami juga membagikan sedikit konsumsi & buku serta alat tulis dari Dcab Bali. Melihat ekspresi mereka saat menerima fotonya merupakan suatu kebahagian yang tidak ternilai. Kami juga memberikan sebuah kamera dari Nikon untuk pengurus disana, dengan harapan mereka dapat mengabadikan moment-moment kebersamaan mereka menjadi kenangan dalam sebuah foto.

Setelah melakukan kegiatan Help Portrait, saatnya kami bersenang-senang dengan sedikit adventure di sekitar Tambora. Lokasi yang pertama kami tuju adalah bukit savana dengan kontur bergelombang, sangat seru sekali berkendara dengan kondisi medan seperti itu. Dengan pemandangan perbukitan dan view laut, sungguh sebuah landscape yang sangat indah. Beruntung juga kami mendapatkan motor dari Duta Intika dengan kondisi yang sangat baik, tidak ada kendala sama sekali sepanjang perjalanan, terbukti tangguh di segala medan. Rasanya waktu begitu cepat, kami harus mengakhiri perjalanan ini dan kembali ke Bali. Terimakasih kami ucapkan kepada semua sponsor yang telah mendukung acara Help Portrait Adventure 2019 ini, semoga kita dapat bertemu lagi di lain kesempatan.